KISAH SI JAHE MERAH DESA RANDUAGUNG KAB.GRESIK

KISAH SI JAHE MERAH DESA RANDUAGUNG KAB.GRESIK

Urban farming penanaman jahe merah pada tanggal 22 Oktober 2014 di lapangan Balai RW. 03 Sebelah Kompleks Kawasan Industri Gresik ( KIG ) Kegiatan budidaya jahe merah didesa randuagung telah telah banyak mendapat respon positif dari berbagai lapisan masyarakat di Kab.Gresik maupun dari luar daerah, karena banyak yang bisa melihat peluang bisnis dari berbudidaya tanaman ini.

Kegiatan urban farming ini juga sinergis dengan program pemerintah yaitu IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) yang juga dilaksanakan di lokasi lapangan balai RW.03 Desa Randuagung dalam rangka mendukung upaya pencapaian salah satu target Millennium Development Goals pada tahun 2015, yaitu menurunkan sebesar 50% dari jumlah penduduk  yang belum memiliki akses air minum dan sanitasi dasar juga penyehatan lingkungan. Program Sanitasi Perkotaan Berbasis Masyarakat merupakan salah satu Komponen ProgramUrban Sanitation and Rural Infrastructure (USRI) yang diselenggarakan sebagai salah satu Program Pendukung PNPM Mandiri. Dalam penyelenggaraannya, kegiatan ini menekankan pada keterlibatan masyarakat secara utuh dalam hal peningkatan kualitas prasarana dan sarana sanitasi di perkotaan. Sinergisitas itu terjadi dikarenakan air buangan limbah yang sudah bersih dapat digunakan untuk penyiraman tanaman jahe merah dan pembudidayaan ikan dikolam terpal.

Banyak yang berdatangan dan berkunjung ke BP4K Kab. Gresik untuk bertukar pikiran bagaimana cara berbudidaya tanaman jahe ini  agar dapat mengoptimalkan hasil, karena disini kita sama sama belajar bagaimana cara untuk dapat mengembangkan pengetahuan tentang berbudidaya di lahan terbatas dengan hasil yang optimal, maka dibutuhkan peran serta dari masyarakat indonesia yang peduli terhadap rakyat kecil untuk meningkatkan taraf hidup mereka… mari para pengusaha, para peneliti dan masyarakat yang peduli akan kehidupan rakyat kecil di negeri kita ini, untuk dapat meluangkan pikiran, tenaga maupun materi… rakyat membutuhkan kalian semua… mari bersama sama membangun perekonomian rakyat dari bawah

bayangkan jika semua lahan kosong diareal perkotaan ditanami dengan satu jenis tanaman apapun yang bisa memberikan nilai ekonomis tinggi… berapa besar hasil yang akan diperoleh untuk masyarakat tersebut? tidak hanya tanaman jahe apapun tanaman bisa dibudidayakan dilahan sempit, tinggal bagaimana cara kita dapat memodifikasi inovasi kita untuk berfikir kedepan, mari saudaraku jangan hanya membaca tulisan ini… lakukan lakukan segera jangan menungu nanti dan nanti… orang yang berhasil adalah orang yang langsung bertindak bukan orang yang berfikir dan banyak bicara!!

Dipost Oleh Fahry Yamin

Administrator

Post Terkait